10 Drama Korea Bertema Hukum Kriminal Yang paling Seru

K-drama telah memikat hati dan pikiran di seluruh dunia berkat alur cerita mereka yang menarik, akting yang hebat, sinematografi yang indah, dan soundtrack yang mencekam. Banyak tema yang sudah ada di Kdrama seperti drama Korea bertema hukum kriminal.

Hukum menjadi salah satu tema drama Korea yang cukup digemari karena mengandung genre thriller, criminal, dan mengisahkan proses hukum yang beragam. Selain itu, ada pula seorang pengacara mafia yang meghalalkan semua cara untuk memenangkan kasus.

Kisah-kisah yang ditampilkan dalam drama hukum sangatlah menarik untuk diikuti dan sangat minim kisah romantis. Namun, drama-drama ini tampil dengan bahasa hukum yang mudah dipahami banyak orang.

Nah untuk melengkapi keinginan kalian menonton drama Korea tentang jaksa dan pengacara, berikut ini akan dirangkum beberapa rekomendasi 10 drama Korea tentang hukum yang paling seru.

 

Rekomendasi Drama Korea Bertema Hukum Kriminal Terbaik

 

1. Law School

drama korea bertema hukum kriminal

Law school merupakan drama yang mempunyai latar belakang di sebuah sekolah hukum Korea.

Drama yang dirilis pada tahun 2021 ini menyajikan permasalahan hukum yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti kejahatan dan ketidakadilan.

Bercerita tentang kisah seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal bernama Yang Jong-Hoon. Ia dibenci oleh teman-teman dan mahasiswa-mahasiswanya karena memiliki sikap dingin.

Drama ini tidak hanya berfokus pada Yang Jong-Hoon, namun juga pada dua mahasiswa hukum yang mempunyai latar belakang keluarga berbeda. Drama yang dibintangi Kim Myung-Min, Kim Bum dan Ryu Hye Young ini memiliki 16 episode.

 

2. Lawless Lawyer

Serial drama Korea bertema hukum kriminal ini dibintangi Lee Joon Gi, Seo Ye Ji, dan Lee Hye Young.

Alur cerita drama ini berfokus di sekitar dua karakter yang membentuk Firma Hukum Tanpa Hukum. Bercerita tentang seorang mantan anggota gangster yang berubah menjadi seorang pengacara bernama Bong Sang-Pil (Lee Jong-Gi).

Ia dibesarkan oleh pamannya setelah pembunuhan ibunya, yang kemudian menjadi seorang pengacara dengan kebebasan menggunakan tinjunya. Koneksi gangster lamanya juga memudahkannya mecari celah dalam hukum untuk keadilan.

Bong Sang-Pil bekerja sama dengan Ha Jae-Yi (Seo Yea-Ji) yang diberhentikan setelah menyerang seorang hakim. Namun, penyerangan tersebut tak sampai mencoreng namanya.

Bersama- sama mereka menjatuhkan pejabat korup dan beberapa pejabat yang menyalahgunakan kekuasaan mereka.

 

3. Suspicious Partner

drama korea bertema hukum kriminal

Jika Anda berada dalam situasi yang sama dan mencari drama hukum kriminal yang menawan, drama Suspicious partner adalah solusinya. Alur ceritanya sangat ringan dan mudah dipahami, sehingga membuat Anda menginginkan lebih setelah setiap episode.

Bercerita tentang Noh Ji Wook  adalah jaksa yang cerdas, tetapi dia diturunkan pangkatnya karena dia mempertaruhkan karir dan reputasinya untuk menyelamatkan Bong Hee yang dituduh membunuh mantan pacarnya. Bong Hee adalah seorang yang sedang magang departemen kehakiman pemula.

Segalanya menjadi rumit ketika karier mereka, dan kehidupan cinta menjadi terjerat. Satu hal yang harus mereka sekarang adalah menangkap pelaku sebenarnya yang bertanggung jawab atas pembunuhan sebelum waktunya.

Drama ini dirilis pada tahun 2017, memiliki total 40 episode, diperankan oleh Ji Chang Wook dan Nam Ji Hyun.

 

Baca Juga:

 

4. Miss-Hammurabi

Rekomendasi drama Korea tentang hukum kriminal selanjutnya adalah Miss Hammurabi yang tayang perdana pada tahun 2018.

Drama yang memiliki 16 episode ini dibintangi oleh Go Ah Ra dan Kim Myung Soo. Bercerita tentang wanita berusia 20-an bernama Park Cha Oh Reum yang mempunyai profesi sebagai hakim muda dan punya prinsip tersendiri yang sering disebut gila oleh rekan kerjanya.

Disisi lain ada Im Ba Reun, seorang pria berkepala dingin dengan prinsip ‘Pengadilan yang setara dengan semua’. Ia tidak senang dengan hakim junior Park Cha Oh Reum yang terlalu bersimpati dalam hal kasus.

 

5. Stranger

drama korea bertema hukum kriminal

Rekomendasi drakor hukum criminal selanjutnya berjudul Stranger yang dirilis pada tahun 2017 dan memiliki total 16 episode.

Drama ini menceritakan seorang Jaksa di Seoul barat yang dikenal karena kecerdasan dan logikanya yang tajam, tetapi dia dikucilkan karena dia tidak memiliki empati dan keterampilan sosial.

Jaksa tersebut bekerja sama dengan seorang detektif kepolisian untuk mengungkap korupsi yang terjadi diantara pengusaha kejaksaan dan prostitusi kepolisian yang melibatkan gadis dibawah umur.

Serial drama korea ini dibintangi oleh Jo Seung Woo, Bae Doo Na, dan Lee Joon Hyuk sebagai pemeran utama.

 

6. Vincenzo

drama korea bertema hukum kriminal

Selanjutnya untuk kategori drama Korea bertema hukum kriminal adalah Vincenzo yang tayang perdana pada tahun 2021.

Drama yang memiliki 20 episode ini mengisahkan tentang seorang pengacara mafia Italia bernama Vincenzo Cassano yang datang ke Korea Selatan setelah pengkhianatan organisasinya.

Vincenzo diadopsi oleh sebuah keluarga Italia pada usia muda yang kemudian hari kembali ke tanah kelahirannya, Korea untuk mencari keadilan atas para penjahat yang tidak bisa dilawan oleh hukum.

Drama hukum yang dibintangi Song Joong Ki ini menampilkan instansi hukum beserta perangkatnya saat menegakkan hukum yang konon menjadi perangkat tertinggi untuk mencari keadilan.

 

Baca Juga:

 

7. Your Honor

drama korea bertema hukum kriminal

Your Honor merupakan drama korea hukum yang dirilis pada tahun 2018 dan memiliki 32 episode.

Drama ini bukan drama hukum biasa, karena karakter utamanya Han Kang-Ho, mengambil identitas saudara kembarnya setelah lama menghilang secara misterius.

Saudara kembarnya Kang-Ho merupakan seorang hakim yang dihormati. Sedangkan Kang-Ho adalah kebalikannaya yang memiliki catatan kriminal yang panjang dan beberapa penangkapan.

Ia sekarang sangat menikmati kehidupannya, ketika memerankan saudara kembarnya dia dihormati dan disegani. Drama ini menampilkan sebuah paradoks bekerja dalam sebuah instansi hukum.

 

8. Witch’s Court

Witch’s Court merupakan drama Korea tentang hukum kriminal yang berikutnya. Drama yang dirilis pada tahun 2017 ini memiliki total 16 episode.

Alur ceritanya sendiri mengisahkan tentang Ma Yi-Deum, seorang jaksa wanita materialistis yang sering bekerja untuk sebuah kasus legal dan ilegal.

Ia bahkan tidak ragu untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuluskan semua rencananya mencari keadilan, seperti memalsukan bukti, dan menghasut sumpah palsu.

Diceritakan Ma Yi-Deum dipaksa untuk mengambil bagian dalam unit ke satuan tugas khusus untuk kejahatan seks anak-anak bersama seorang jaksa pemula yang pernah menjadi psikolog anak.

Yi-Deum dan jaksa pemula tersebut tidak pernah akur, karena pandangan mereka berbeda terhadap sistem hukum dan prosedurnya. Namun, bersama-sama mereka memecahkan kejahatan dengan chemistry yang dendam.

 

9. Juvenile Justice

drama korea bertema hukum kriminal

Drama satu ini merupakan Kdrama hukum baru yang tayang di awal tahun ini di Netflix.

Juvenile Justice memiliki 10 episode yang mengikuti kisah kehidupan Sim Eun Seok, seorang hakim pengadilan anak. Ia membenci pelanggar remaja dan akan mengadili anak-anak yang memiliki kasus kriminal.

Setelah dia ditugaskan ke pengadilan remaja setempat, dia mencoba untuk menyeimbangkan keengganannya terhadap pelanggar kecil dengan keyakinan kuat tentang keadilan dan hukuman.

Saat dia berusaha keras untuk melanggar kebiasaan dan mengelola caranya sendiri untuk menghukum para pelanggar. Drama kriminal hukum yang seru ini dibintangi oleh Kim Hye Soo, Kim Mu Yeol, dan Lee Sung Min.

 

Baca Juga:

 

10. Class of Lies

drama korea bertema hukum kriminal

Rekomendasi drama Korea bertema Hukum kriminal yang terakhir adalah Class of Lies. Drama yang dirilis pada tahun 2019 ini memiliki total 16 episode.

Drama ini mengambil setting tempat dalam dunia sekolah dan remaja yang mengisahkan tentang seorang pengacara yang diberi tugas untuk mengungkap kasus pembunuhan di sebuah sekolah elit.

Satu per satu murid yang terlibat dalam pembunuhan tersebut pun diinterogasi. Hingga rahasia yang tak diketahui banyak orang tentang sekolah elit tersebut mulai terungkap.

Drama ini akan menyoroti realitas remaja yang menghadapi akibat setelah melakukan kejahatan karena mereka masih remaja.

 

Itulah tadi berbagai drama Korea bertema hukum kriminal terbaik yang seru abis, deretan drama di atas tidak hanya menarik tetapi juga memberikan kita tentang pengetahuan proses hukum. Lebih seru lagi adanya dengan campuran genre mister dan thriller yang sangat menegangkan.