Inilah 10 Rekomendasi Film yang Diadaptasi dari Wattpad Terbaik

Saat ini era digital menggeser ketertinggalan dari segi apapun termasuk karya sastra. Jika dulu sebuah film diadaptasi dari novel-novel best seller atau yang biasa disebut dengan telenovela, saat ini banyak pula film yang diadaptasi dari Wattpad.

Tidak hanya luar negeri, film karya dalam negeri pun sudah marak yang dikembangkan dari cerita yang berasal dari platform Wattpad. Jika kamu penasaran film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad, artikel ini akan sangat berguna untuk kamu.

Dengan adanya adaptasi film dari Wattpad ini, tentu menjadi apresiasi tersendiri dari masyarakat. Terutama untuk para penulis Wattpad ataupun sineas yang memproduksi film dengan mengangkat cerita dari Wattpad tersebut.
Mengandalkan platform digital, tidak menghambat Wattpad untuk bersaing dengan media penyalur yang lain.

Bahkan beberapa cerita dari Wattpad juga dibukukan terlebih dahulu sebelum akhirnya diangkat ke layar lebar.
Cerita yang dibuat oleh para penulis di Wattpad sangatlah menarik dan beragam. Masyarakat mendukung dengan adanya nya kemajuan di bidang perfilman Indonesia ini.

Karena, dengan adanya film adaptasi Wattpad ini dapat mengangkat para penulis Wattpad yang kebanyakan berasal dari masyarakat secara luas, baik pelajar ataupun profesi lain kemampuan menulis baik.

Seperti janjinya di awal, artikel ini akan mengupas tentang rekomendasi dan sinopsis singkat film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad. Selain kamu jadi tahu tentang film indonesia apa saja yang diadaptasi dari Wattpad, kamu juga bisa menjadikan pilihan film ini sebagai rekomendasi nonton kamu selama di rumah.

 

Rekomendasi Film Yang Diadaptasi Dari Wattpad Terbaik

 

1. Dear Nathan

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad

Film yang diangkat dari cerita Wattpad karya Erisca Febriani ini bercerita tentang kisah cinta anak SMA.
Kisah ini berawal dari Salma yang diperankan oleh Amanda Rawles, yang bertemu dengan Nathan (Jefri Nichol) siswa pembuat onar. Kegigihan Nathan dalam mendekati Salma, akhirnya membuahkan hasil.

Salma akhirnya luluh dan jatuh cinta juga pada Nathan. Tidak sampai di situ, Salma selalu membantu Nathan keluar dari masalah bahkan masalah dengan keluarganya sekalipun.

Film ini sangat cocok ditonton oleh berbagai kalangan, karena ceritanya yang cukup ringan dan mudah untuk diikuti. Kamu akan belajar tentang bagaimana sebuah hati mampu ikhlas dan bisa melakukan segala hal apapun untuk seseorang yang dicintainya.

2. The perfect husband

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad

Film yang diadaptasi dari Wattpad adalah the perfect husband. Judul yang tertera dalam cerita di Wattpad pun sama dengan judul film yang diangkat ke layar lebar ini.

Menariknya alasan dari diangkatnya cerita the perfect husband ke layar lebar adalah jumlah pembaca di Wattpad yang fantastis. Cerita orisinil yang dikarang oleh Indah Riyana ini menembus jumlah pembaca hingga 6,2 juta orang.
Jalan cerita yang dibawa oleh kisah ini sangat menarik, yaitu tentang perjodohan siswa SMA dengan seorang pilot yang perbedaan usianya terpaut cukup jauh.

Dimas Anggara yang memerankan tokoh pilot dan Amanda Rawles yang mainkan siswa SMA ini mampu menyuguhkan akting yang sangat apik. Sehingga film ini menjadi salah satu film favorit masyarakat karena selain pemainnya juga lo kisahnya yang tidak sedikit membuat orang baper.

Apa sih kisah perjodohan antara pilot dan siswa SMA ini? Coba kamu tonton the perfect husband ya!

3. Aku, Benci, dan Cinta

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad

Film yang digarap oleh sutradara Rizky Balqis ini adalah film adaptasi dari novel Wattpad karya wulanfadi dengan judul yang sama.

Namun sebelum diangkat menjadi novel, cerita ini telah lebih dulu dan terkenal di kalangan penikmat Wattpad. Film ini digarap di tahun yang sama dengan film Dear Nathan, dan dengan pemain yang sama pula.

Keseluruhan kisah dari film ini tidak jauh berbeda dengan kehidupan anak sekolah jaman sekarang. Yang mana di usia usia remaja seperti mereka itu, kata yang disebut dengan nama cinta ini sedang digandrungi oleh mereka.

Sehingga film Aku, Benci, dan Cinta sangat digemari remaja karena sebenarnya merupakan sebuah refleksi yang terjadi pada kehidupan nyata mereka.

Baca Juga:

 

4. Raja, Ratu, dan Rahasia

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad

Lagi dan lagi, Wulanfadi berhasil mengantarkan karyanya menjadi film dan naik ke layar lebar. Memang tulisan dari karya karya Wulanfadi ini patut diapresiasi. Film dengan judul R: raja, ratu, dan rahasia ini dibintangi oleh Brandon Salim dengan lawan mainnya Aurora Ribero.

Cerita yang ditampilkan dalam film telenovela ini, menyajikan cerita yang sangat ringan. Sehingga dalam menikmati filmnya, kamu tidak perlu berfikir berat dalam memaknai sebuah film ini secara utuh. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa film ini juga mengandung pesan moral yang tersirat di dalamnya.

Film yang diadaptasi dari Wattpad satu ini menjadi sangat menarik ketika ditonton karena teknik pengemasan film  ini mampu menyajikan sebuah cerita kehidupan yang sangat kekinian banget.

5. Mat & Mou

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad
Image Source: kompas.com

Untuk kamu yang masih kurang rekomendasi film apa saja yang di adaptasi dari Wattpad, nonton Matt & Mou. Untuk ketiga kalinya, kisah cerita karya Wulanfadi rilis dan tayang di hampir seluruh bioskop Indonesia.

Menariknya, film ini dibintangi oleh sepasang kekasih Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier. Sehingga bisa dipastikan adu akting mereka berdua terlihat sangat natural di film ini.

Film Matt & Mou ini juga disebut-sebut sebagai spin off film A: aku, benci, dan cinta karena tokoh dalam film ini sebelumnya pernah muncul di film tersebut.

6. SIN

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad

Kisah dari Wattpad karya Faradita yang sudah dibaca sebanyak 23,8 juta kali ini akhirnya diangkat menjadi sebuah film berjudul SIN. Berbeda dengan cerita kisah cinta remaja pada umumnya yang ringan, kisah ini menyuguhkan cerita yang cukup rumit.

Film yang diadaptasi dari Wattpad ini dibintangi oleh Mawar Eva de Jong yang beradu akting dengan Bryan Domani. Kisah yang mereka arungi begitu rumit hingga sampai kepada masalah dan konflik keluarga yang kompleks.

Kamu akan dibawa ke sebuah cerita yang mengharuskan kamu berpikir agak keras sehingga kamu bisa mengambil intisari dari film ini. Banyak pelajaran berharga yang dapat kamu peroleh dari keseluruhan film SIN ini.

7. Dignitate

Dignitate merupakan film terbaru yang diangkat ke layar kaca bioskop nasional yang diadaptasi dari cerita Wattpad. Film yang berjudul Dignitate ini yang rilis pada Januari akhir 2020.

Mengisahkan seorang anak SMA yang bernama Alfi yang memiliki sifat dan karakter dingin, galak, dan sarkas. Meskipun memiliki paras yang rupawan, karena sifatnya tersebut Alfi dijuluki oleh teman-temannya sebagai GGS atau singkatan dari ganteng-ganteng seram.

Tetapi meskipun begitu, Alfi tetap menjadi idola para kaum hawa di sekolahnya tersebut. Pada suatu ketika ada seorang teman perempuan Alfi yang berusaha mendekati Alfi untuk menjadi teman dekatnya.
Sengaja nih ceritanya ngegantung gini apakah mereka pacaran atau tidak, boleh dong kita tonton.

 

Baca Juga:

8. Serendipity

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad

Karya kedua Erisca Febriani penulis cerita Dear Nathan, juga berhasil dijadikan film lho. Berbeda dengan alur cerita Dear Nathan, alur cerita film yang diadaptasi dari wattpad ini terbilang cukup rumit dari karya Erisca sebelumnya.

Serendipity sendiri bercerita tentang sepasang remaja yang menjalin sebuah hubungan. Selama perjalanan cinta mereka, mereka menemui berbagai konflik yang pelik. Beberapa konflik juga menempatkan mereka terbayang-bayang oleh kisah cinta masa lalu.

Hingga pada akhirnya berefek pada hubungan mereka. Hubungan mereka menjadi renggang dan bahkan Arkan pemeran pria di film ini enggan menyapa Rani, kekasihnya, setelah mereka berpisah.

9. Aku tahu kapan kamu mati

Film apa saja yang diadaptasi dari Wattpad

Film ini berasal dari cerita Wattpad yaitu dari novel populer karya Arumi E. Judul novel yang berada pada Wattpad dengan judul film yang diangkat ini sama, yaitu Aku Tahu Kapan Kamu Mati.

Dibintangi oleh para artis papan atas tanah air seperti Natasha Wilona dan Ria Ricis serta Al Ghazali, menjadikan film ini menarik minat para penonton. Film yang di digarap sutradara Hadrah daeng Ratu ini berkisah tentang yang sebuah teror yang mengerikan.

Film dengan genre horor ini plotnya kurang lebih menceritakan tentang bagaimana sebuah teror yang bertubi-tubi datang menakutkan di sebuah sekolah karena salah satu siswa dari sekolah tersebut memiliki kemampuan khusus.

Siswa tersebut memiliki kemampuan yang lain daripada orang pada umumnya bahwa ia mengetahui kapan seseorang itu akan mati. Sehingga nuansa horor selalu menyelimuti siswa di sekolah ini setiap harinya karena salah satu siswa ini yang membuat resah orang-orang di sekitarnya.

Cukup mengerikan bukan ada yang ngasih tahu kamu kalau besok kamu akan mati? Ya begitulah kira-kira kisah cerita film ini.

10. Mariposa

Satu lagi yang terbaru dan kamu tidak boleh ketinggalan. Ya, mariposa. Mariposa merupakan sebuah film yang diadaptasi dari Wattpad karya Luluk HF.

Film adaptasi wattpad tersebut berhasil diangkat ke layar lebar setelah digarap dengan sempurna oleh sutradara Fajar Bustomi. Mariposa naik ke bioskop pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Film mariposa ini rupanya mengadopsi dua tokoh dari film dua garis biru yaitu Zara Adhisty dan Angga Yunanda. Akting mereka berdua sangat natural dan banyak di nikmati oleh para penonton sehingga Fajar Bustomi memutuskan untuk memasangkan mereka kembali dalam proyek ini.

Film ini mengisahkan tentang kisah cinta remaja di bangku sekolah. Acha yang diperankan oleh Zara merupakan siswa baru di sekolah Iqbal yang diperankan oleh Angga.

Acha selalu melancarkan usahanya untuk mendekati Iqbal dan bertingkah layaknya Iqbal sebagai pacarnya. Namun sayang cinta Acha bertepuk sebelah tangan karena Iqbal adalah seorang lelaki yang dingin dan cuek, juga tidak minat berpacaran.

Makna dari judul mariposa dengan alur kisah film ini menurut penulisnya Luluk adalah sebagai berikut: bahwa mariposa sama dengan kupu-kupu dalam bahasa Spanyol. Seperti yang kita ketahui bahwa kupu-kupu justru akan pergi ketika kita mendekatinya. So, bagaimana, tertarik nonton Mariposa?

 

Baca Juga:

 

Itu tadi beberapa rekomendasi film yang diadaptasi dari Wattpad, ya. Cukup membantumu bukan? Memang kebanyakan film Indonesia yang diadaptasi dari Wattpad adalah bergenre romance. Baru satu dua saja yang diproduksi dengan genre lain seperti horror.

Tapi semua film juga ada pesan tersirat lho tidak usah khawatir. Yuk, agendakan untuk nonton beberapa atau bahkan semua film tadi!

Leave a Reply