8 Rekomendasi Film Barat Yang Diadaptasi Dari Novel Terbaik

Dunia perfilman tidak pernah kehabisan tema untuk dijadikan sebuah karya. Ada yang 100% imajinatif oleh sutradara dan tim produksi, dan ada yang berdasarkan kisah nyata. Bahkan ada pula yang diangkat novel terkenal seperti beberapa film barat yang diadaptasi dari novel dibawah ini.

Saat sebuah novel dikembangkan jadi sebuah film, ceritanya pun semakin mendalam dan seru. Bahkan banyak film barat yang populer yang berangkat dari kepiawaian seorang penulis novel. Nah, berikut ada deretan novel yang sukses diangkat menjadi film dan berhasil meraih jutaan penonton. Simak selengkapnya dibawah ini!

 

Rekomendasi Film Barat Yang Diadaptasi Dari Novel Populer

 

1. The Fault in Our Stars

Film barat yang diadaptasi dari novel

The Fault In Our Star merupakan novel karya penulis terkenal, John green yang dirilis pada tahun 2012.  Novel ini menceritakan kisah Hazel Grace yang mengidap kanker thyroid dan bertemu dengan August Water.

Pada tahun 2014 novel ini resmi diangkat ke layar lebar yang disutradarai oleh Josh Boone dan diproduseri oleh Marty Bowen dan Wyck Godfrey.

Film barat romantis yang diaangkat dari novel ini dibintangi oleh Shailene Woodley dan Ansel Elgort. The Fault in Our Stars sukses membuat para penontonnya terkesima hingga mengeluarkan air mata. Tidak mengherankan jika kesuksesan film ini mampu meraup keuntungan besar.

 

2. Divergent

Film barat yang diadaptasi dari novel

Divergent berlatar belakang di kota Chicago yang menceritakan tentang orang-orang yang diharuskan memilih faksi setelah selesai terjadinya perang nuklir.

Mereka harus memilih salah satu dari 5 faksi yang ada, yaitu faksi abnegation, dauntless, erudite, candor, atau amity.

Film barat yang diadaptasi dari novel berjudul Divergent ini sendiri merupakan seri pertama dari trilogi Divergent. Novel bergenre science fiction yang ditulis oleh Veronica Roth di tahun 2011 ini sukses diangkat ke layar lebar pada tahun 2014.

 

3. Pride and Prejudice

Rekomendasi film barat yang diangkat dari novel selanjutnya merupakan karya Jane Austen tahun 1813 dengan judul yang sama. Novel ini termasuk novel yang paling populer dan paling banyak diadaptasi.

Filmnya sendiri dirilis pada tahun 2005, merupakan salah satu adaptasi tersukses dan paling banyak dipuji.

Novel ini bercerita tentang keluarga bennet dengan lima anak perempuannya yang belum menikah. Pada masa itu perempuan muda diawal usia dua puluh tahun sudah harus menemukan pasangan alias menikah.

Lika-liku Elizabeth bennet dalam mencari pasangan hatinya yang membuat cerita semakin menarik, apalagi setelah dia sadar bahwa orang yang mencintainya tak seburuk yang dia sangka.

 

Baca Juga:

 

4. Harry Potter

Film barat yang diadaptasi dari novel

Rekomendasi selanjutnya untuk kategori film barat yang diadaptasi dari novel adalah Harry Potter. Siapa yang tidak tahu dengan film Harry Potter? Film asal Inggris yang diangkat dari novel karya J.K. Rowling dengan judul yang sama.

Awalnya film bergenre fantasi ini dimulai dengan Harry Potter dan Sorcerer’s Stone (2001). Sejak saat itu film Harry Potter begitu diminati dan sangat populer.

Sampai sekarang film tersebut sudah mempunyai delapan part yaitu, Harry Potter dan Sorcerer’s, Harry Potter and The Chamber of Secrets (2002), Harry Potter and The Prisioner of Azkaban (2004), Harry Potter and The Goblet of Fire (2005), Harry Potter and The Order of The Phoenix (2007), Harry Potter and The Half Blood Prince (2009), dan terakhir Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1-2.

 

5. Anna Karenina

Selanjutnya ada film berjudul Anna Karenina yang mengadaptasi novel karangan Leo Tolstoy.

Anna Karenina menceritakan drama kehidupan seorang sosialita yang tidak bahagia. Anna yang sudah menikah dengan negarawan senior Alexei Karenin, terpikat oleh perwira kavaleri kaya Count Vronsky.

Anna memutuskan untuk mengabaikan pendapat miring masyarakat dan berselingkuh demi bersama cinta sejatinya. Perselingkuhan yang disajikan dalam film ini sangat menarik apalagi pada zaman itu selingkuh adalah hal paling haram.

 

6. Bird Box

Film barat yang diadaptasi dari Novel berikutnya adalah Bird Box, yang diangkat dari novel berjudul sama karya Josh Malemar dan difilmkan oleh Netflix.

Bird Box bercerita tentang monster yang tidak boleh dilihat oleh manusia, apabila melihatnya, maka manusia tersebut bisa hilang kendali atas dirinya dan tanpa sadar bunuh diri.

Film ini telah ditonton lebih dari 45 juta orang di seluruh dunia, ditambah lagi dengan boomingnya “Bird Box Challenge” yang menjadi perbincangan publik setelah film ini rilis.

 

Baca  Juga:

 

7. Jane Eyre

Film barat yang diadaptasi dari novel

Kalau kamu pencinta novel romantic, maka film barat yang diangkat dari novel ini tidak cocok buat kamu karena tidak romantis sama sekali. Namun, yang membuatnya spesial adalah pemeran utamanya Jane Eyre sangat hidup seperti benar-benar ada.

Film ini akan membuat kamu lebih menghargai dirimu sebagai perempuan bahwa gender bukanlah alasan untuk menjadi lemah. Bukan hanya itu, martabatmu juga tidak dilihat dari apa profesimu atau jumlah kekayaanmu.

Novel ini sangat inspiratif sangat kuat dan sangat persuasif novel ini difilmkan sebanyak 19 kali pada masa yang berbeda yang ke-19 tayang pada tahun 2011. Namun, sampai sekarang masih sangat segar untuk ditonton.

 

8. Game of Thrones

Film barat yang diadaptasi dari novel

Rekomendasi terakhir untuk kategori film barat yang diadaptasi dari novel adalah Game of Thrones. Series ini sangat terkenal yang diangkat dari novel karya George R.R. Martin yang berjudul A Song of Ice and Fire.

Game of Thrones bercerita tentang perebutan tahta di benua Westores, Game of Thrones atau yang biasa disingkat GoT berhasil membuat penggemarnya selalu menunggu episode terbaru.

Series ini pertama kali tayang pada tahun 2011 yang ditanyangkan oleh channel televisi berbayar HBO. Kabarnya pada awal penayangannya jumlah penonton mencapai 2,5 juta dan terus mengalami permintaan penayangan ulang.

 

Baca Juga:

 

Nah, itulah tadi beberapa film barat yang diadaptasi dari novel terbaik. Ada yang genre fiksi ilmiah, fantasi, sampai drama romantis. Beberapa bahkan berhasil menyabet penghargaan dan mendapatkan keuntungan yang fantastis serta mau dibuat sekuelnya. Terima kasih sudah membaca!