11 Rekomendasi Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Menghabiskan waktu luang dengan menonton film memang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari hiburan. Meski banyak film luar negeri yang populer, film Indonesia tak kalah menarik lho, genre yang sering diangkat oleh film Indonesia adalah genre romantis. Berikut kami menyajikan daftar film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa  dan film romantis remaja indonesia yang wajib banget kamu tonton!

 

Rerkomendasi Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

 

1. Habibie & Ainun

film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa
Source : youtube.com

Film terbaik indonesia sepanjang masa pertama adalah Habibie & Ainun yang menceritakan kisah nyata tulisan mendiang BJ Habibie tentang istrinya, Ainun.

Berawal dari cerita tentang masa muda Ainun dan Habibie ketika mereka bersekolah di sebuah sekolah menengah di Indonesia.

Setelah lulus, Habibie memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Jerman, sedangkan Ainun memilih tinggal di Indonesia dan belajar kedokteran.

Perjalanan cinta mereka dimulai dengan keputusan Habibie untuk kembali ke Indonesia, karena penyakit yang dideritanya selama di Jerman.

Meski sudah lama berpisah, ternyata takdir mempertemukan mereka kembali dan menjalin cinta hingga maut memisahkan mereka. Diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari.

Film indonesia romantis yang bikin nangis ini juga menghadirkan prekuel dalam film Rudy Habibie dan Habibie & Ainun 3.

 

2. Dilan 1990

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa kedua adalah Dilan 1990, yang diangkat dari sebuah novel romantis terbaik berjudul sama karya Pidi Baiq.

Sejak trailernya rilis, film ini sudah mencuri perhatian masyarakat Indonesia dan terbukti Dilan 1990 berhasil menjadi film Indonesia terlaris.

Film ini bercerita tentang Milea yang diperankan oleh Vanesha Prescilla pindah dari jakarta ke Bandung bersama keluarganya. Di sekolah, ia bertemu dengan Dilan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan.

Cara Dilan mendekati Milea juga berbeda dengan pria lainnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan kata-kata romantis dan puitis. Karena karakter unik Dilan lama kelamaan membuat Milea tertarik padanya.

Film ini dibagi menjadi 3 seri, yaitu Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea: Suara Dari Dilan.

 

3. Surat Cinta Untuk Starla

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa

Film romantis Indonesia terpopuler ketiga adalah Surat Cinta Untuk Starla yang diangkat dari lagu romantis ciptaan Virgoun berjudul sama.

Film romantis Indonesia ini menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Hema (Jefri Nichol) yang suka menulis surat cinta untuk alam dengan mesin ketik peninggalan sang kakek.

Sementara itu, Starla (Caitlin Halderman) adalah gadis cantik yang berhasil membuat Hema jatuh cinta dalam waktu enam jam. Tidak lagi menulis surat cinta untuk alam, Hema menulis surat cinta untuk Starla.

Hema sadar bahwa surat cinta yang ia tulis untuk Starla lebih indah dari surat cinta untuk alam.

 

Baca Juga:

 

4. Milea: Suara dari Dilan

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa keempat adalah Milea : Suara Dari Dilan yang memberikan tema berbeda sebagai film romantis terbaik Indonesia.

Film ini mengambil sudut pandang Dilan yang tidak diceritakan dalam film Dilan 1990 dan Dilan 1991 yang menceritakan kisah dari awal cinta hingga perpisahan Dilan dan Milea.

Di akhir film, terlihat Dilan dan Milea dipertemukan kembali namun bukan sebagai pasangan, karena Milea sudah memiliki tunangan.

 

5. Dua Garis Biru

Film romantis terbaik sepanjang masa kelima adalah Dua Garis Biru yang menjadi buah bibir karena ceritanya yang kontroversial dan akting Zara JKT48 juga berhasil mencuri perhatian.

Film romantis indonesia remaja garapan sutradara Ginatri S Noer yang satu ini tidak cuma berisi kisah cinta, melainkan film yang sarat akan pesan sosial. Dua Garis Biru bercerita tentang hubungan cinta beberapa remaja di kota-kota besar di Indonesia yang berani melintasi batas dan hanyut dalam buaian nafsu.

Puncak masalahnya adalah ketika Dara (Zara JKT 48) hamil dan terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan dan mewujudkan mimpinya. Sedangkan Bima (Angga Yunanda) masih terlalu muda untuk menjadi seorang ayah.

Dialog film ini juga cukup informatif dan membuka mata kita terhadap peristiwa sosial yang sering terjadi di sekitar kita, yaitu pernikahan dini. Dari segi akting dan pengambilan gambar juga tidak akan mengecewakan.

 

6. Ada Apa dengan Cinta? 2

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa keenam adalah Ada Apa dengan Cinta? 2. Hadir setelah 14 tahun dari seri pertamanya, (AADC 2) nggak kalah populer dari seri pertamanya.

Dalam film Indonesia terbaik sepanjang masa ini, Cinta (Dian Sastrowardoyo) telah dewasa dan memiliki Mini Pop Art Cafe di Jakarta. Di sisi lain, Rangga (Nicholas Saputra) adalah salah satu pemilik kedai kopi di New York City.

Suatu hari, Rangga dipaksa oleh adik tirinya untuk kembali ke Indonesia untuk mengunjungi ibunya. Setelah didesak oleh adik tirinya, Rangga memutuskan kembali ke Indonesia untuk menjenguk ibunya dan bertemu Cinta.

Namun, Cinta tengah berada di Yogyakarta untuk liburan bersama teman SMA-nya. Rangga pun memutuskan untuk mengejar ke Yogyakarta hingga akhirnya mereka bertemu, meski Cinta sempat menolak.

 

Baca Juga:

 

7. Teman Tapi Menikah 2

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa

Film romantis terbaik Indonesia ketujuh adalah Teman Tapi Menikah 2, diangkat dari kisah cinta Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion yang telah ditulis dalam novel.

Film ini merupakan lanjutan sekuel Teman Tapi Menikah yang menceritakan dua sejoli Ayu (Mawar Eva De Jongh) dan Ditto(Adipati Dolken) setelah pernikahan mereka.

film ini bercerita tentang kehamilan Ayu, disaat Ditto yang belum puas menikmati kehidupan mereka sebagai pasangan baru.

Kepribadian Ayu mendadak berubah 180 derajat sejak kehamilannya dan membuat mereka sering bertengkar. Lalu, apakah mereka mampu bertahan dengan kondisi tersebut dan menahan egonya? Langsung saja tonton filmnya !!

 

8. Dear Nathan

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa kedelapan adalah Dear Nathan, yang diadaptasi dari novel Wattpad karya Erisca Febriani dengan judul yg sama.

Film romantis indonesia remaja ini menceritakan tentang kisah asmara antara Nathan (Jefri Nichol) siswa berandalan dengan Salma (Amanda Rawles) seorang siswi taat aturan. Si cowok terkenal membuat onar disekolahnya, sedangkan si cewek adalah siswi baru yang berusaha mengukir prestasi.

Kisah keduanya dimulai ketika Salma terlambat ke sekolah dan Nathan membantunya terhindar dari hukuman.
Sikap Salma yang berbeda dari yang lain membuat Nathan jatuh cinta. Dia mencoba untuk memenangkan hati salma bahkan secara terang-terangan menyatakan rasa cintanya.

 

9. Mariposa

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa

Film remaja romantis Indonesia kesembilan adalah Mariposa, yang diangkat dari sebuah novel wattpad karya Luluk HF dengan judul yang sama.

Cerita Mariposa memiliki banyak penggemar sebelum dijadikan film, bahkan mencapai jutaan pembaca.

Singkatnya, film romantis indonesia remaja Mariposa ini menceritakan tentang kisah seorang perempuan yang cantik, pintar dan sempurna bernama Acha (Adhisty Zara). Dia selalu berusaha untuk mengejar teman sekolahnya bernama Iqbal yang diperankan oleh (Angga Yunanda).

 

Baca Juga:

 

10. Tersanjung

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa

Film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa kesepuluh adalah Tersanjung, yang diangkat dari salah satu sinetron Indonesia tahun 1998 hingga 2000-an.

“Tersanjung: The Movie” menyajikan cerita yang lebih segar dan bisa dinikmati oleh generasi muda masa kini. Singkatnya, film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Yura yang dipaksa menikah dengan pria dari keluarga kaya.

Alasan ia dijodohkan adalah karena krisis ekonomi yang dialami keluarganya, sehingga dia menjadi korban. Seiring waktu, gadis malang itu harus menelan kenyataan pahit ketika dia hampir diperkosa oleh calon suaminya.

Film romantis Indonesia ini diperankan oleh beberapa aktor terbaik seperti Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, Kevin Ardilova, dan lain sebagainya.

 

11. Toko Barang Mantan

Film romantis Indonesia terbaik yang terakhir adalah Toko Barang Mantan. Dirilis pada 20 Februari 2020 film ini cocok buat kamu yang lagi cari film romantis Indonesia yang agak ringan. nih!

Film yang disutradarai oleh Viva Westi ini menceritakan tentang Tristan (Reza Rahadian) yang jatuh cinta kambali saat bertemu dengan mantannya, Laras (Marsha Timothy).

Pasalnya, Laras yang diketahui sudah bertunangan, dan tiba-tiba datang ke bekas toko barang milik Tristan untuk menjual cincin tunangannya. Merasa ada kesempatan kedua, Tristan berusaha merebut kembali hati Laras dengan bantuan dua sahabatnya.

 

Baca Juga:

 

Nah, itulah rekomendasi film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton versi sarankita.com.

 

 

Leave a Reply