Kira-kira Film Apa yang Bikin Baper Karya Anak Bangsa? Ini dia!

Film romantis dan bikin baper memiliki daya tarik tersendiri oleh masyarakat Indonesia. Terlebih lagi para remaja yang menyukai genre romance. Bahkan sepertinya tidak hanya remaja, tetapi film dengan genre romance banyak yang menikmati dari rentang usia berapa pun. Apalagi para perempuan nih, mana suaranya yang kalau nonton film romantis jadi baper berkepanjangan? Kira-kira film apa yang bikin baper kamu nih? Menonton film adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan bagi kebanyakan orang.

Film dijadikan sebagai hiburan di sela banyaknya aktivitas yang padat. Banyaknya beban pekerjaan atau yang lainnya dapat membuat tubuh pun merasa lelah. Untuk itu film dapat dijadikan bahan untuk refreshing kamu
Lagi pula saat ini menonton film tidak harus di bioskop. Kamu bisa menikmati waktu santai mu di rumah dengan menonton film di laptop atau smart tv yang terhubung ke perangkat internet.

Untuk kamu khususnya penikmat film genre romance, ada banyak referensi film yang bisa kamu tonton. Kamu tinggal pilih mau film Indonesia ataupun film luar negeri.

Tentunya kamu akan bertanya-tanya film apa yang bikin baper nih kira-kira? Biar kamu enjoy dan menikmati alur ceritanya. Ketika kita menonton film kita sampai baper tuh terbawa suasana cerita dalam film.

Bisa jadi ikut marah atau nangis bombay atau kau terbawa perasaan sedih dan segala rasa campur aduk lainnya. Kalau seperti ini, apakah filmnya yang berhasil atau penontonnya yang terlalu baper nih? Atau mungkin dua-duanya, filmnya yang memang bagus dan penontonnya yang sangat serius. Hihiii.

Untuk kamu yang ingin mencari referensi film apa yang bikin baper, mungkin beberapa judul film berikut bisa jadi pilihan untukmu.

Referensi Film Indonesia yang Bikin Baper

Di bawah ini ada beberapa film karya anak bangsa yang diperankan oleh artis tanah air, yang bisa kamu jadikan pilihan. Boleh disimpan atau menjadi list jadwal nonton kamu selanjutnya di rumah.

 

1. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

Image Source: tribunnews.com

Ada Apa Dengan Cinta menjadi film favorit hampir di kalangan semua usia. Film yang bergenre romance ini mengisahkan tentang kisah romantis dua sejoli yang sangat menguras emosi penonton.

Dalam setiap adegannya, peran dari para pemain patut diacungi jempol. Dengan kisah yang diangkatnya, film ini mampu membuat penonton hanyut dalam alur kisah mereka.

Film ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai peran utamanya yaitu Cinta, dengan lawan mainnya Nicholas Saputra sebagai Rangga. Kisah ini bermula dari Cinta yang memiliki teman-teman gengnya yang selalu bersama kemana pun mereka pergi.

Konflik bermula ketika Cinta harus berurusan dengan Rangga pria dingin dan acuh. Kondisi ini lantas membuat hubungan Cinta dan para sahabatnya merenggang.

Konflik makin menjadi ketika Rangga harus ikut dengan ayahnya untuk pergi ke Amerika. Rangga yang seorang penulis itu kemudian menciptakan sebuah karya puisi berjudul “Ada Apa Dengan Cinta” untuk menumpahkan seluruh perasaannya. Dan pada perpisahan mereka berdua, Rangga berjanji untuk kembali menemui Cinta ketika bulan purnama.

2. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Image Source: kompas.com

Film ini sepertinya jawaban untuk kamu yang bertanya apa saja film yang bikin baper. Ayat-Ayat Cinta adalah salah satu jawab terbaiknya. Karena ada banyak film Indonesia yang terbaik dan ini salah satunya.

Ayat-ayat cinta dibintangi oleh artis papan atas diantaranya Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Melanie Putria, dan Zaskia Adya Mecca.

Untuk siapa pun kamu yang menonton film ini, siap-siap air matamu akan berurai ya! Pasalnya film ini menceritakan kisah cinta yang begitu dalam antara karakter tokohnya.

Kisah cinta yang diangkat dengan nuansa yang kental islami ini, bercerita tentang Fahri (Fedi Nuril) seorang pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di Mesir. Fahri adalah seorang yang muslim yang taat dan memiliki prinsip yang kuat.

Banyak orang-orang yang Fahri temui di sana yang akan menguji iman Fahri. Diantaranya adalah Maria (Carissa Putri), Nurul (Melanie Putria), Noura (Zaskia Adya Mecca), dan Aisha (Rianti Cartwright). Siapakah diantara mereka yang berhasil meluluhkan hati Fahri? Mari kita tonton film ini bersama!

3. Habibie dan Ainun (2012)

Film Apa yang Bikin Baper

Film Habibie dan Ainun menceritakan tentang perjalanan hidup dan kisah cinta dari presiden Indonesia, yaitu B.J Habibie dan istrinya Ibu Ainun. Habibie dan Ainun menceritakan tentang Habibie dan Ainun muda ketika mereka masih dalam dunia pendidikan.

Habibie yang diperankan oleh Reza Rahardian ini, sangat terobsesi dan memiliki cita-cita menciptakan pesawat terbang untuk negaranya. Kedua insan ini memang terkenal sangat pandai dan cerdas. Ainun yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, merupakan mahasiswa fakultas kedokteran di salah satu universitas.

Tepatnya di Bandung, Habibie dan Ainun di pertemukan kembali setelah terakhir mereka bertemu adalah semasa SMP. Tidak disangka Ainun yang dulunya sering diejek oleh Habibie semasa SMP, justru yang mampu meluluhkan hatinya saat ini. Akhirnya mereka menikah, kemudian terbang dan hidup di Jerman.

Cinta mereka terbangun selama perjalanan mengarungi kehidupan. Bagi mereka berdua, pasangan adalah segalanya. Bagi Habibie, Ainun merupakan mata dalam kehidupannya sehingga ia terbuka akan hal baru. Sedangkan

untuk Ainun, Habibie merupakan pengisi hati dan kasih yang di hidupnya.
Akhir cerita ini membuat kamu bakal baper dan dijamin akan nangis deh. Karena setiap perjalanan tentu memiliki tujuan akhir, dan setiap kisah pun pasti akan berakhir.

4. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Film Apa yang Bikin Baper

Film ini diangkat dari sebuah karya besar yaitu novel yang ditulis oleh Buya Hamka. Kisahnya menceritakan tentang perjalanan cinta Zainudin yang diperankan oleh Herjunot Ali dan Hayati yang diperankan oleh Pevita Pearce.

Jika kamu menonton film ini, kamu akan disuguhkan nuansa era 1930an. Sehingga kamu akan dibuat hidup dalam suasana Indonesia di zaman tersebut.

Kisah dengan latar belakang waktu di zaman kolonial Belanda ini, menceritakan sepasang muda-mudi yang jatuh cinta.

Kisah cinta mereka harus terhalang karena adat dan budaya. Hayati dipaksa oleh keluarganya menikah dengan laki-laki pilihan mereka yaitu Aziz (Reza Rahadian). Aziz, masyarakat setempat dinilai sebagai seseorang yang terpandang dan kaya raya.

Sama seperti Hayati, Zainuddin pun kecewa. Ia memutuskan untuk mencapai cita-citanya dengan menjadi penulis terkenal di nusantara.

Suatu hari, lama tidak berjumpa akhirnya waktu membawa mereka bertiga bertemu. Dalam perjalanan pulang, Hayati pulang ke kampung halamannya menggunakan kapal Van der Wicjk. Hayati tenggelam bersama kapal yang dinaikinya. Tetapi hatinya masih tertaut untuk Zainuddin.

Baca juga:

5. Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016)

film apa yang bikin baper

Film Ada Apa Dengan Cinta 2 atau kau yang biasa kita sebut dengan AADC 2 ini merupakan sekuel dari film Ada Apa Dengan Cinta yang pertama tahun 2002. Berbeda dengan kisah AADC 1 tentang perpisahan dua orang yang saling cinta, AADC 2 mengisahkan bertemunya kembali mereka.

Setelah sebelumnya berpisah tanpa kejelasan selama kurang lebih satu dekade, Rangga dan Cinta akhirnya dipertemukan kembali. Mereka bertemu di suatu tempat di Jogjakarta ketika Cinta sedang berlibur bersama sahabat-sahabatnya.

Film ini bercerita tentang bagaimana akhirnya mereka berdamai dengan masa lalu yang selama ini menghantui hidup mereka. Dengan bertemunya Cinta dan Rangga, mereka akhirnya nya dengan perasaan masing-masing dan memaafkan kejadian masa lalu.

Pemeran film ini masih sama yaitu dengan peran utama Cinta yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Rangga yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Tentunya dengan para sahabat-sahabat cinta yang masih diperankan oleh artis yang sama.

Film ini layak masuk daftar film apa yang bikin baper buat kamu, karena kamu akan haru melihat kisah dua muda-mudi ini.

6. Ayat-Ayat Cinta 2 (2017)

film apa yang bikin baper

Film ini merupakan kelanjutan kisah dari film ayat-ayat cinta yang pertama. Pasca berpisah dari istrinya Aisha yang berangkat memenuhi panggilan misi kemanusiaan, hari-hari Fahri dipenuhi dengan duka.

Ia lebih memilih tinggal di Edinburgh Skotlandia, karena istrinya sangat menyukai kota tersebut. Fahri berprofesi sebagai dosen di salah satu Universitas ternama dan terkenal dengan nama profesor Fahri. Hari-harinya dipenuhi dengan harapannya untuk bertemu dengan sang istri.

Kemudian datang sesosok wanita yang mengubah hidup Fahri. Hulya, yang dimainkan oleh Tatjana Saphira, menyimpan perasaan dan jatuh hati pada Fahri. Ada pula sosok wanita yang bernama Keira yang diperankan oleh Chelsea Islan, yang sangat membenci Fahri.

Film ini merupakan perpaduan konflik yang kompleks, antara kisah cinta, bahkan sampai toleransi antar umat agama.

Lantas apakah Fahri akan menemukan Aisha istrinya? Kamu bakalan baper deh nonton film ini!

7. Teman Tapi Menikah (2018)

Diantara film drama percintaan yang lain, film teman tapi menikah direkomendasikan untuk Anda yang kurang menyukai konflik berat dalam sebuah film.

Teman tapi menikah merupakan sebuah film yang menyajikan kisah percintaan yang romantis namun disajikan dengan sangat ringan sehingga penonton dapat menikmatinya. Film ini diangkat dari kisah nyata artis tanah air yaitu Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion sudah menjalin pertemanan selama 12 tahun lamanya.

Ayu merupakan teman sekolah Dito. Namun siapa sangka, selama belasan tahun mereka berteman di bangku sekolah, ternyata Dito diam-diam menyukai Ayu.

Sampai tiba pada suatu hari, kepada semua orang bahwa dirinya akan menikah. Dengan siapakah Ayu akan menikah? Akankah Dito mencapai mimpinya dengan memiliki wanita pujaan hatinya tersebut? Atau justru cinta Dito bertepuk sebelah tangan? Yuk kita nonton.

Baca juga:

8. Dilan 1990 (2018)

film apa yang bikin baper

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menonton, namun ingin nonton satu film apa yang bikin baper, Dilan 1990 jawabannya.

Ya, film Dilan 1990 diangkat dari sebuah novel fenomenal karya pidi baik yang mengisahkan tentang kisah cinta remaja usia SMA. Dia adalah Dilan (Iqbal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla).

Dilan merupakan siswa SMA di Bandung dan juga ketua geng motor paling sadis di kotanya. Milea merupakan siswi pindahan dari Jakarta. Mereka terjalin ketika Milea dan Dilan berada dalam satu kelas di salah satu sekolah di Bandung.

Alur cerita dalam film Dilan 1990 ini mampu membawa penonton terlebih usia remaja untuk sangat menikmatinya. Untuk para mereka yang sudah menikah, film ini bisa membantu mereka untuk bernostalgia bersama di era 90-an.

Leave a Reply