5 Rekmendasi Drama Korea Berlatar Era 80-an dan 90 an Tebaik

Drama Korea Berlatar Era 80-an. Menonton tayangan drama jadi kegemaran sebagian besar masyarakat pada masa sekarang ini. Banyak masyarakat yang didominasi oleh kaum hawa aktif menonton drama melalui streaming online yang tayang setiap minggu atau setiap bulannya di internet.

Salah satunya drama asal Korea Selatan yang sangat mendominasi di dunia hiburan saat ini. Penggemarnya juga tidak hanya dari kalangan generasi muda milenial saja, banyak juga dari kalangan orang dewasa yang menyukai serial drama yang ditayangkan secara online ini.

Di antara banyak tema seperti, penjara, time travel, dan hukum kriminal, serial drama Korea yang mengusung konsep tentang kehidupan masa lalu atau Era 80-an cukup diminati. Untuk itu sarankita akan kum beberapa judul drakor latar tahun 80an yang dapat menemani kegiatan kamu di rumah. Check it out!

 

Rekomendasi Drama Korea Berlatar 80-an dan 90 an Terbaik

 

1. Youth of May

drama Korea Berlatar Era 80-an

Rekomendasi drama Korea berlatar era 80-an yang pertama berjudul Youth of May, yang tayang pada tahun 2021 ini. Adapun drama Korea satu ini bercerita mengenai suatu peristiwa yang terjadi pada dekade 80an di sebuah wilayah yang ada di Korea.

Pemeran drama Korea ini adalah Lee Do Hyun dan Go Min Si, yang mana keduanya juga pernah terlibat akting yang sama pada serial Sweet Home. Dalam serial drama ini, kedua pemeran tersebut terlibat dalam hubungan asmara yang terjadi antara satu sama lain.

Pada serial drama Youth of May, Lee Do Hyun berperan sebagai mahasiswa Kedokteran dari universitas Nasional Hwang Hee Tae yang ada di Seoul. Diceritakan ia pulang ke kampung halamannya yang berada di Gwangju karena ada sebuah insiden tragis yang menimpanya.

Tak lama, sosok periang dari keluarga mapan tersebut bertemu dengan seorang perawat yang diperankan oleh Go Min Si. Adapun perawat yang bernama Kim Myung Hee tersebut tengah menanggung kebutuhan finansial keluarganya karena kesulitan ekonomi saat itu.

Di sisi lain, perawat tersebut juga punya ambisi untuk belajar ke luar negeri dan telah merancang hal tersebut bersama Lee So Ryun yang juga sahabatnya. Prediksi cinta segitiga diyakini terwujud melihat hubungan ketiganya. Kelanjutannya, dilihat di serial Youth of May ya!

 

2. Reply 1988

drama Korea Berlatar Era 80-an

Rekomendasi drama Korea berlatar era 80-an selanjutnya berjudul Reply 1988 yang tayang pada tahun 2015. Drama Korea berjudul Reply 1988 ini bahkan memperoleh gelar sebagai drama Korea paling legendaris karena berhasil memberikan kesan mendalam bagi penonton.

Drama Korea Reply 1988 bercerita mengenai sebuah komplek perumahan yang ada di Korea Selatan di era 80an. Dimana pada saat itu kebanyakan penduduk Korea masih hidup dalam kesederhanaan dan belum didukung dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini.

Kisah persahabatan, kekeluargaan dan cinta sukses dituangkan drama yang berjudul Reply 1988 ini. Tak ayal, dengan konsep tahun 80an yang bergaya retro tambah membuat penonton mempunyai pandangan dan kesan yang mendalam dari serial drama yang satu ini.

Alur cerita yang diangkat dalam drama dengan genre slice of life ini juga erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yang terjadi di lingkungan manusia. Maka tidak dipungkiri jika drama Reply 1988 ini sukses menjadi drama paling legendaris dalam dunia Korean Drama.

Maka, bagi penonton yang tertarik menonton drama Korea dengan latar era 80an, serial drama yang berjudul Reply 1988 dan Youth of May dapat menjadi rekomendasi yang wajib ditonton. Khususnya ketika pandemi yang mewajibkan untuk berkegiatan di rumah saja.

 

Baca Juga:

 

3. Snowdrop

Drakor tahun 80an berikutnya berjudul Snowdrop yang memiliki setting waktu pada 1987 di Seoul, tepat sebelum acara pemilihan presiden. Drama ini diperankan oleh Jung Hae In yang akan berpasangan dengan Jisoo Blackpink.

Drama debut akting bagi Jisoo Blackpink ini bercerita tentang kisah cinta yang begitu emosional antara Im Soo Ho dan Young Ro.

Im Soo Ho merupakan mahasiswa di universitas ternama di Jerman yang terpaksa masuk ke asrama wanita di Seoul, karena dikejar polisi dengan kondisinya yang berlumuran darah.

Ia kemudian diselamatkan oleh seorang mahasiswi bernama Young Ro yang membantunya bersembunyi sekaligus merawatnya meskipun pengawasan asrama begitu ketat dan situasinya berbahaya.

Saat keduanya bersama, mereka terlibat kisah asmara tetapi situasi yang cukup rumit dapat mengancam nyawa keduanya sewaktu-waktu. Apa yang akan terjadi dengan nasib mereka ? Akankah keduanya bisa bersama?

 

4. Tunnel

Rekomendasi drama Korea berlatar era 80-an yang terakhir adalah Tunnel yang memiliki latar waktu tahun 1986. Bergenre thriller, crime, dan action.

Drama ini bercerita tentang seorang detektif Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk) yang sedang berusaha menangkap seorang pembunuh berantai pada tahun 1986. Saat mengejar pelaku, ia masuk terowongan dan ketika keluar sudah berada dalam situasi tahun 2017.

Park Kwang-Ho berulang kali keluar masuk terowongan mencoba kembali ke tahun 1986 tetapi selalu gagal. Dia akhirnya menyadari bahwa dia hanya akan dapat kembali ketika kasus pembunuhan berantai  yang telah ‘mendingin’ beberapa dekade lalu terpecahkan.

Park Kwang-ho kemudian berupaya memecahan kasus 30 tahun tersebut bersama beberapa detektif di 2017 yakni Kim Sun-jae (Yoon Hyun-mi) dan Shin Jae-yi (Lee Yoo-young). Perjalanan detektif  Park Kwang Ho dalam menjalankan misinya akan membuat para penonton ikut terbawa suasana dan tegang.

 

5. Girls Generation 1979 (2017)

Selanjutnya ada drama yang mengangkat kisah berlatar akhir 70-an dan awal 80-an. Drama berjudul Girls Generation ini tayang perdana pada tahun 2017.

Drama ini termasuk salah satu drama terpopuler yang menceritakan tentang persahabatan, cinta, dan kenangan dari para gadis 1979.

Ceritanya berfokus pada sekelompok gadis remaja yang dipimpin oleh Lee Jung Hee, putri kedua dari keluarga yang memiliki pabrik pakaian dalam.

Suatu hari, Ia bertemu dengan Bae Dong Moon melalui kencan buta yang diadakan grup dan Dong Moon langsung jatuh cinta padanya.

Namun, Jung Hee ternyata suka pada Son Jin yang merupakan seniornya dan Ia mulai mengikutinya untuk mendapatkan perhatiannya.

Kehadiran siswi baru bernama Park Hye Joo juga menambah rumitnya keadaan, karena ia seketika menjadi pusat perhatian yang menciptakan kecemburuan wanita dan teman-temannya. Terlebih Son Jin tertarik pada Park Hye Joo.

Girl Generation mampu menghadirkan kisah cinta dan persahabatan yang unik dan seru jadi jangan sampai melewatkan menontonnya. Tak hanya itu, drama yang dibintangi Chae Seo Jin, Yeo Hoe Hyun ini mampu menguras emosi para penonton.

 

Baca Juga:

 

Nah, itulah tadi beberapa drama Korea atau drakor yang mengangkat latar di era 80an yang mana cukup menarik untuk ditonton. Selain sinematografi yang epik, alur yang ditampilkan juga pastinya menarik dan membuat penonton dibawa kembali ke kehidupan masa lalu.

Maka bagi penyuka drama Korea, rekomendasi drama Korea berlatar era 80-an seperti Reply 1988 dan Youth of May jadi tontonan wajib agar tidak ketinggalan dan dapat jadi perbincangan yang menarik di dunia maya.

Tunggu apalagi, segera akses dan dapatkan layanan streaming drama Korea secara online yang mudah lewat situs atau aplikasi berbayar yang ada di internet. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, sekian dan terima kasih. Selamat menonton!

Leave a Reply